Senin, 16 Mei 2016

Tips Berjualan Menarik Pelanggan

Tips Berjualan Menarik Pelanggan Berjualan dalam hal bagaimana memasarkan produk yang dijual kepada calon pembeli sangatlah tidak mudah seperti apa yang pada umumnya masyarakat bayangkan. Kebanyakan masyarakat mengira bahwa berjualan hanya sekedar berbicara dengan nada tinggi tentang produk yang mereka jual.

"Marketing is the management process responsible for identifying, anticipating and satisfying customer requirements profitably."

Definisi The official academic dari CIM (The Chartered Institute of Marketing).

Berjualan merupakan bagian dari kegiatan suatu kewirausahaan yang memiliki peran sangat penting disamping memproduksi barang. Berjualan tidak hanya sekedar mencari pelanggan melainkan usaha mendapatkan, mempertahankan, meyakinkan, dan memperbanyak pelanggan serta menguasai target pemasaran produk yang direncanakan.

Masalah yang dihadapi ketika berjualan kepada pelanggan kerap kali membuat penjual putus asa. Ketika berjualan hal yang lumrah dirasakan adalah dicuekin pelanggan, dikritik tentang harga produk yang begitu mahal, di-php-in pelanggan, banyak juga pelanggan meminta tester sebelum mereka akan membeli produk, dan banyak lagi.

Berikut adalah tips berjualan untuk menarik pelanggan khususnya buat kalian yang ketika berjualan merasakan hal sama seperti paparan diatas :

1. Dekati dan kenali pelanggan Anda

Mungkin bisa diawali dengan Anda memperkenalkan diri kepada pelanggan. Dan berkenalanlah dengan pelanggan seperti layaknya Anda ingin memiliki kenalan baru. Ketika Anda sudah saling mengenal dengan pelanggan jangan pernah Anda langsung memasarkan produk dan memaksa pelanggan membeli. Karena pelanggan akan merasa tersinggung, tertekan, terganggu, dan merasa diremehkan. Pastikan jaga hubungan Anda dengan pelanggan dengan baik terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk menjualkan produk walaupun Anda sedang dikejar oleh target.

2. Membuat pelanggan nyaman

Setelah Anda memiliki hubungan dengan pelanggan maka hal penting yang harus Anda lakukan adalah membuat pelanggan merasa nyaman bersama Anda. Ketika mereka sudah merasa nyaman, Anda bisa menjelaskan apa sih yang Anda lakukan saat ini? apa sih produk yang Anda jual? apa alasan Anda berjualan produk tersebut? dan apa nilai lebih dari produk yang Anda jual?

Dengan begitu pelanggan mengerti keinginan Anda sebagai penjual itu apa. Ciptakan rasa nyaman dengan pelanggan Anda. Ketika rasa nyaman itu ada, walaupun pelanggan tersebut butuh maupun tidak butuh dengan produk Anda transaksi jual-beli akan tercipta pastinya.

3. Ciptakan kebutuhan untuk pelanggan

Produk yang Anda jual pastikan sesuai dengan kebutuhan target pelanggan Anda. Terapkan bahwasanya pelanggan yang membutuhkan produk Anda, tidak hanya Anda yang butuh pelanggan. Jika produk yang Anda jual sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan bisa dipastikan akan terjadi transaksi jual-beli terhadap produk Anda. Tapi persentase produk yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan sangatlah kecil. Disini yang paling ditekankan adalah buat pelanggan Anda merasa nyaman. Saat mereka butuh dan merasa nyaman sudah dipastikan Anda berhasil menarik pelanggan dengan baik.

4. Pastikan produk yang Anda jual tepat sasaran

Hampir sama dengan menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Namun disini dalam memilih calon pelanggan, Anda harus memastikan apakah produk yang Anda jual sesuai dengan diri pelanggan. Misalnya, Anda menjual produk kosmetik kecantikan pastikan target pelanggan Anda adalah perempuan dewasa jangan sampai Anda menawarkan produk tersebut kepada perempuan yang masih anak-anak. Transaksi jual-beli yang Anda harapkan pastilah pupus. Contoh lagi, Anda menjual produk pelangsing pastikan target pelanggan adalah wanita/pria yang size body nya besar tapi yang perlu diperhatikan adalah Anda jangan langsung terburu-buru menawarkan produk pelangsing tersebut lakukanlah tips yang telah dijelaskan sebelumnya karena hal seperti itu bisa membuat target pelanggan yang Anda tuju merasa tersinggung. Dan akibatnya pelanggan tidak akan penasaran dengan produk Anda dan tidak akan terjadi proses transaksi jual-beli yang diharapkan.

Itu tadi beberapa tips berjualan untuk menarik pelanggan dan bisa saja pelanggan tersebut menjadi langganan Anda nantinya.

Semoga bermanfaat.

Dian Kartika Sari

Mahasiswa S1-Sistem Informasi

FTIF ITS

 

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search