Tips otomotif membeli skutik bekas dipaparkan pentolan Jakarta Max Owner.
Harianjogja.com, JAKARTA – Tidak bisa dimungkiri, Yamaha Nmax memang memiliki pesona khas yang tidak dimiliki kebanyakan skuter matik (skutik) di Tanah Air. Tetapi jika menebus unit barunya dirasa mahal, Nmax bekas bisa menjadi solusi alternatif.
Sebelum memutuskan membeli Yamaha Nmax bekas, pembeli wajib memeriksa komponen penting berikut ini. Hal itu sebagaimana tips otomotif yang dipaparkan Acho Patauri, pentolan komunitas Jakarta Max Owner (JMO).
“Dari sekian banyak bagian, empat bagian yang harus diperiksa benar-benar adalah mesin, CVT atau continous variable transmission, rem, dan terakhir bodi,” terang pria yang akrab disapa Acho Bule itu sebagaimana dilansir laman Okezone, Sabtu (21/5/2016).
Pada sektor mesin dan CVT, lanjut Acho, cek mulai dari tenaga, getaran, dan muncul suara-suara aneh atau tidak. Perhatikan pula oli, pastikan tidak terjadi kebocoran atau rembesan oli di sekitar mesin. Bodi motor yang penting masih mulus dan langkah terakhir adalah mengecek ketebalan kampas rem.
Bukan hanya Nmax bekas, pengecekan itu juga berlaku untuk skutik lain. Suryono, mekanik salah satu bengkel motor ternama di Jakarta menambahkan komponen lain yang wajib dicek adalah v-belt, kampas kopling, mangkuk kopling, rumah roller, puli kipas, hingga gear ratio.
“Di luar itu ada yang namanya driven face. Kalau rusak, akselerasi akan terganggu. Ini awalnya dari seal yang sudah tidak bagus sehingga ada oli merembes dan mengganggu kinerja driven face,” papar Suryono dikutip Solopos.com dari laman Liputan6.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar