Senin, 06 Juni 2016

Tips Menjaga Kulit Wajah Tidak Kering saat Puasa

SAAT menjalankan ibadah puasa, Anda perlu merawat kulit lebih ekstra. Ya, selama berpuasa kurang lebih 12 jam, tubuh akan kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi. Alhasil, kulit pun akan cenderung lebih kering dari biasanya.

Agar kulit tidak menjadi kering dan tetap lembap, maka terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan. Dengan begitu, kulit akan tetap terlihat cantik dan tampak bercahaya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit tetap cantik saat puasa, seperti yang diungkapkan oleh seorang dermatologist, dr. Sari Chairunnisa, SpKK, kepada Okezone.

Membersihkan wajah

Saat puasa, tidak ada ritual kecantikan yang berbeda dibandingkan hari-hari lainya. Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Menurut dokter Sari, untuk mencuci wajah dengan facial wash disarankan maksimal empat kali sehari. Sebab, semakin sering mencuci wajah justru akan membuat kulit wajah semakin kering.

Agar kulit wajah tidak menjadi kering, Anda bisa menghindari mencuci wajah dengan facial wash. Kemudian, siasati dengan penggunaan face mist dan pelembap.

“Untuk orang yang wajahnya berminyak, mungkin bisa lebih sering mencuci wajahnya, sekira 2-4 sehari. Tetapi, sebenarnya untuk umat Muslim, mencuci wajah dua kali sehari sudah cukup karena mereka juga membasuh wajah saat wudhu,” ujar dr. Sari.

Menerapkan pelembap

Mengaplikasikan pelembap juga menjadi hal yang wajib dilakukan. Terapkan pelembap mulai dari pagi hingga malam hari. Terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit wajah kering, harus lebih ekstra dalam menerapkan pelembap.

Mengonsumsi air mineral

Saat puasa, waktu untuk mengonsumsi air putih menjadi terbatas. Sementara, setiap harinya setiap orang disarankan untuk mengonsumsi hingga delapan gelas tiap hari. Oleh karena itu, manfaatkan waktu saat sahur, buka puasa, serta sebelum dan sesudah salat tarawih untuk mengonsumsi air mineral.

“Jadi, agar dapat memenuhi target delapan gelas tiap hari, minum air mineral saat bangun sahur, di sela-sela makan sahur, jelang imsak, saat buka puasa, sebelum dan sesudah salat tarawih. Hindari minum air mineral sebelum tidur karena bisa mengganggu waktu tidur, bawaannya ingin buang air kecil terus. Kaitkan pula jumlah konsumsi air dengan aktivitas yang dilakukan,” terang dokter yang berprofesi sebagai Direktur R&D Wardah Cosmetics ini.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search