Sabtu, 16 Juli 2016

Ini Tips Menghindari Tersambar Petir

Siapapun tak ingin celaka. Agar kejadian yang dialami La Edi, warga Balikpapan, ini tips untuk menghindari petir

 Menghindari Petir di Tempat Terbuka

1. Jongkok dengan merapatkan kedua kaki. Kemudian tundukkan kepala serendah-rendahnya tanpa menyentuh tanah. Dengan cara itu, petir yang menyambar di dekat Anda tidak akan mengalir ke dalam tubuh. Namun, kalau kedua kaki Anda terbuka, petir itu akan meloncat ke tubuh Anda. 

2.  Jika Anda sedang berenang dan tiba-tiba mendung gelap, segeralah keluar dari kolam dan masuk ke bangunan terdekat.

3. Kalau kebetulan Anda sedang berdiri di tempat terbuka, secepatnya dekati objek yang lebih tinggi, jangan malah menjauhinya. Namun ingat, jangan terlalu dekat dengan objek tersebut. Jarak maksimal paling aman adalah 2,5 meter dari objek tinggi itu. Semakin jauh dari objek yang tinggi, makin berisiko tersambar petir.

4. Jangan berdiri di bawah pohon ketika hujan. Petir yang menyambar pohon bisa meloncat ke tubuh orang. Sulur-sulur pohon juga bisa menghantarkan petir ke tubuh.

5. Jangan berdiri bergerombol dengan orang lain bila Anda berada di luar ruangan. Buatlah jarak antar orang sekitar lima meter.

6. Jika Anda tak menemukan tempat berlindung, berjongkoklah, seperti yang diterangkan di atas. Usahakan tangan tidak menyentuh tanah, dan jangan berbaring karena bisa memudahkan penyaluran tenaga petir dari tanah ke tubuh Anda.

Menghindari Petir di Ruangan

1. Jika berada dalam rumah, hindari posisi yang dekat dengan kontak listrik. Menjauhlah dari lokasi yang berair atau tanah yang basah, serta jauhi pintu dan jendela.

2. Matikan dan cabut kabel power dari setop kontak listrik semua barang elektronik yang Anda miliki untuk mengurangi risiko tersambar petir. Tentunya pertimbangkan lagi dengan faktor lainnya. Apakah rumah/gedung memiliki penangkal petir? apakah sedang terjadi badai petir? Bila Anda masih merasa aman atau petir dalam tingkat wajar, silakan lanjutkan aktivitas. Namun bila merasa terancam, segera cabut segala potensi sambaran petir lewat perangkat elektronik.

3. Jauhi telepon. Jika Anda terpaksa menghubungi seseorang, gunakan telepon genggam. Jika petir menyambar jaringan telepon, arus listrik petir akan melewati setiap sambungan telepon yang sangat potensial jadi penghantar listrik.

4. Jauhi pipa saluran air (bathtubshower). Petir memiliki kemampuan menyambar rumah atau dekat rumah dan arus listrik dapat merambat lewat pipa logam saluran air.

5. Gunakan sandal rumah dari karet (sandal jepit) atau usahakan memakai kaus kaki yang kering, sebagai upaya “memisahkan” tubuh kita dari tanah.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.
Recommended article from FiveFilters.org: Most Labour MPs in the UK Are Revolting.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search