Sabtu, 16 Juli 2016

Tips Memperbaiki Kerusakan Lantai Kayu Parket

PENGGUNAAN lantai kayu parket sangat diminati sekarang ini. Tampilannya yang natural menjadi pilihan menarik untuk memperindah ruangan. Lantai ini juga tidak dingin dan tidak hangat sehingga nyaman saat berjalan-jalan di dalam ruangan tanpa alas kaki sekalipun.

Meski memiliki kualitas yang baik, namun lantai kayu parket juga bisa berisiko rusak karena gesekan benda tajam, sering basah, atau kesalahan pemasangan. Jika sudah rusak, maka Anda harus segera melakukan perbaikan agar lantai bisa aman saat digunakan dan tetap indah dipandang. Bagi Anda yang mengalami masalah kerusakan pada lantai kayu parket, berikut ini tips memperbaikinya:

1. Lepas Bagian Lantai Yang Rusak

Hal pertama yang dilakukan ialah melepaskan bagian lantai yang rusak. Pastikan untuk tidak melepas bagian lain yang tidak rusak.
Cara melepasnya bisa dengan mengebor bagian lantai yang rusak, kemudian cungkil dengan catut dan sisa lem yang tersisa dikerok hingga benar-benar hilang.

2. Ganti yang Baru

Setelah itu, berikan lem kembali pada dasar lantai. Lalu pasang kayu parket yang baru yang warnanya sama sehingga lantai pengganti tidak terlihat kontras dan aneh. Cara memasangnya ialah dengan memasukan bagian lidahnya terlebih dahulu untuk mengunci, kemudian palu agar kayu parketnya benar-benar masuk dengan baik.

3. Finishing

Selanjutnya, lakukan proses finishing pada lantai kayu parket pengganti. Sentuhan akhir ini dimaksudkan untuk memberikan lapisan pada permukaan kayu agar lebih awet dan indah. Lakukan proses finishing dengan bahan yang sama saat proses pertama kalinya. Misalnya, jika awalnya Anda memakai bahan pernis , maka saat pengantian Anda juga menggunakan bahan yang sama agar menampilkan hasil akhir yang sepadan. (*)

(Sumber : Rumahku.com )

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.
Recommended article from FiveFilters.org: Most Labour MPs in the UK Are Revolting.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search