Memang terkadang kita baru menyadari kesalahan ketika sudah menerima masalah, seperti contohnya kondisi rem yang tidak berfungsi lagi baru disadari ketika menjalankannya. Pastinya akan sangat mengancam keselamatan pengendara, karna rem merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk menunjang keamana ketika berkendara, dan jika tidak ada rem maka kendaraan tersebut akan sulit untuk dikendalikan, pada akhirnya akan mengalami kecelakaan.
Akan tetapi adakah cara mengendalikan kendaraan ketika sistem pengeremannya sudah tidak berfungsi lagi dengan semestinya? Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi ketika kondisi seperti ini.
Langkah pertama rilek jangan sampai anda panik, sebab jika panik secara psikologi dapat membuat seseorang menjadi tidak fokus dan tidak bisa berfikir. Kemudian langsung saja tekan tombol lampu hazard dan klakson agar kendaraan atau orang yang berada disekitar anda mengetahui bahwa kendaraan anda masih dalam masalah.
Setelah anda telah dalam kondisi yang tenang dan tidak panik lagi cobalah untuk menginjak rem lagi dan rasakan, jika anda merasakan ketika menginjak rem itu lembut sehingga dapat menyentuh lantai maka besar kemungkinan mobil anda kekurangan minyak rem atau bisa saja ada kerusakan pada bgain kaliper rem atau mengalami kerusakan fungsi master slilinder.
Jika anda mengalami hal seperti itu maka anda harus terus memompa rem untuk mengembalikan tekanan rem. Walaupun mobil anda sudah dilengkapi dengan teknologi anti-lock breaking system (ABS). Akan tetapi jika sebaliknya atau keras, kemungkinan besar terdapat masalah pada pedal gas tersebut, atau bisa saja ada yang mengganjalnya.
Coba anda cek terlebih dahulu, jika kesulitan maka libatkanlah penumpang yang lain. Jika kedua cara tersebut tidak bisa digunakan maka ada beberapa cara lagi yaitu, dengan memanfaatkan efek kerja engine brake yaitu bisa dengan mengurangi gigi transmisi ke gigi yang lebih rendah, tapi anda juga harus menggunakan teknik tertentu.
Jika mobil anda menggunakan transmisi manual maka turunkanlah gigi secara berurutan, semisal anda masih di gigi 4 maka turunkanlah 3,2 dan kemudian satu. Jika anda menurunkan dari gigi 4 langsung ke gigi 2 misalnya maka anda malahan akan kehilangan kendali. Jikan anda menggunakan transmisi otomatis maka lakukan sebaliknya.
Jika dengan cara itu tidak bisa juga, maka gunakanlah rem tangan. Akan tetapi dengan hati-hati jangan sampai anda mengeremnya dalam kondisi mendadak. Lakukanlah dengan perlahan, pastikan anda merasakan gigitan rem terhadap kaliper roda, atur tekanan ini dalam pengereman darurat, ketika anda sudah merasa rem sudah menggigit pertahankan mobil itu sampai berhenti.
This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.
Recommended article from FiveFilters.org: Most Labour MPs in the UK Are Revolting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar