Kamis, 02 Juni 2016

Begini Cara Hapus Kontak Terduplikat di Android

Sales promotion girl (SPG) berpose saat mencari informasi dengan memanfaatkan Google App melalui telepon seluler berbasis Android di Jakarta, Senin (29/6/2015). (Endang Muchtar/JIBI/Bisnis)Sales promotion girl (SPG) berpose saat mencari informasi dengan memanfaatkan Google App melalui telepon seluler berbasis Android di Jakarta, Senin (29/6/2015). (Endang Muchtar/JIBI/Bisnis)

Tips smartphone kali ini tentang cara menghapus kontak terduplikat di platform Android.

Solopos.com, SOLO —  Pemilik smartphone Android pasti merasa terganggu bila ada beberapa kontak di phone book-nya yang terduplikasi.

Misalnya, ada lebih dari satu kontak dengan nama dan nomor yang sama pada phone book. Padahal, rasanya Anda hanya menyimpannya satu kali saja. Berikut ini tips menghapus kontak yang terduplikat ini dari smartphone Android Anda, sebagaimana dikutip dari Android Pit, Kamis (2/6/2016).

1. Hapus dari Kontak Android

Cara pertama yang harus dilakukan melalui aplikasi kontak di Android. Memang aplikasi kontak ini tergantung pada pabrikan masing-masing perangkat. Namun pada Android Lollipop, Anda hanya perlu tap sebuah nama kemudian edit dan ditandai dengan ikon pensil, kemudian hapus.

Anda mungkin juga memiliki dua entri kontak untuk orang yang sama, satu kontak email yang lainnya nomor ponsel. Untuk menghubungkannya, coba edit dengan membuka More menu dilambangkan dengan tiga titik vertikal dan tap Join atau gabungkan.

Selanjutnya Anda tinggal pilih, mana kontak yang ingin Anda gabungkan. Meski begitu, beberapa smartphone Android seperti Samsung mencari link ikon pada halaman kontak yang menghubungkan dua kontak yang sama menjadi satu.

2. Melalui Gmail Versi web

Lebih mudah dan praktis untuk mengelola kontak Google Anda dari antarmuka web, misalnya dari Gmail. Caranya, klik menu drop-down yang terdapat di kiri atas kotak masuk berbentuk kumpulan segi empat di samping nama Anda.

Kemudian pilih Kontak dari daftar kontak pada buku alamat virtual. Secara otomatis, Gmail web bakal memberitahukan kepada Anda, ada berapa banyak kontak yang terduplikat. Gmail web juga memberikan pilihan untuk menggabungkan atau tak mengubahnya sama sekali.

Bila Anda ingin melakukannya secara manual, bisa dilakukan dengan menyeleksi dua kontak yang sama kemudian pilih simbol tanda panah yang ada di kiri atas buku alamat virtual. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sebentar dan kedua kontak yang ingin digabung otomatis tergabung.

3. Gunakan Aplikasi Penggabung Kontak

Perlu diketahui, sebenarnya ada berbagai aplikasi di Android yang memungkinkan Anda untuk mengatur kontak. Namun, aplikasi Simpler Merge Duplicates memungkinkan Anda untuk menggabungkan kontak yang terduplikat seperti yang dilakukan oleh Gmail web.

Aplikasi yang bersumber pada kontak telepon itu bisa mengidentifikasi kontak yang memiliki kemungkinan cocok satu sama lain berdasarkan nama.

Kemudian, aplikasi akan memberikan review dan mengizinkan Anda memilih opsi apa yang akan dilakukan pada kontak tersebut. Jadi, sudah siap untuk membersihkan kontak di smartphone Android Anda?

Lowongan Kerja
Resepsionis, informasi selengkapnya

KLIK DISINI

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search