Jumat, 15 Juli 2016

Tips Mengenalkan Anak pada Orang Asing

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bukan hanya ke orang yang belum dikenal, ke "wajah lama" pun anak takut. Para ahli perkembangan anak sepakat bahwa takut pada orang asing merupakan bagian dari perkembangan anak, dan mencapai puncaknya saat anak berumur 12 – 15  bulan. Setelah itu, ada anak yang sifat takutnya akan berkurang, ada juga yang berlanjut hingga usia 2 tahun. Meski ini bagian normal dari perkembangan dan tak dapat dihindari, bukan berarti anda dapat membiarkannya saja. Bantulah anak mengatasi rasa takut berhadapan dengan orang yang baru dikenal.

Saat ditemui Jitunews di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Psikolog, Anastasia Satriyo,S.Psi memberikan beberapa tips cara mengenalkan anak pada orang asing. Ada beberapa cara untuk membantu anak merasa lebih nyaman dengan orang asing. Seperti :

1. Ajak anak bermain bersama dengan orang tua dan orang asing bersamaan, sebelum anak ditinggal dengan orang asing tersebut.

2. Orang tua dapat menunjukkan sikap yang ramah dan bersahabat dengan orang asing sehingga anak juga bisa merasa aman dan percaya terhadap orang asing tersebut.

3. Perhatikan tingkat kenyamanan anak ketika akan meninggalkannya dengan orang asing. Apabila anak terlihat belum terlalu nyaman, perpanjang waktu interaksi bersama antara anak, orang tua, dan orang asing. Jangan lupa untuk selalu minta izin kepada anak sebelum meninggalkannya.

"Dalam hal ini komunikasi sekaligus pendekatan sangat penting dilakukan orang tua dengan orang asing agar bisa lebih dekat dengan anak. Seperti ditempat penitipan anak atau pengasuh yang baru itu harus ada interaksi dulu sebelum meninggalkan anak. Buatlah anak senyaman mungkin dengan orang asing,"pungkas Anastasia.

Penulis : Suciati, Vicky Anggriawan

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.
Recommended article from FiveFilters.org: Most Labour MPs in the UK Are Revolting.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search