Selasa, 21 Juni 2016

4 Tips agar toko online tetap aman dan bisa diakses saat Ramadan

Reporter : Bramy Biantoro | Selasa, 21 Juni 2016 11:02

Merdeka.com - Selama bulan Ramadan ini, tentu e-commerce atau toko online banyak dikunjungi oleh netizen Tanh Air yang ingin membeli kebutuhan bulan Puasa atau Lebaran. Tentu hal ini menjadikan website e-commerce mengalami lonjakan trafik tinggi hingga menerima ancaman serangan dari hacker.

Terlebih lagi, tahun ini beberapa pelaku e-commerce menyelenggarakan Hari Belanja Online Ramadhan (Harboldan) yang dimulai tanggal 26 Mei 24 Juni 2016, dimana mereka memberikan diskon spesial kepada para pelanggan, sehingga semakin menarik minat masyarakat untuk berbelanja online.

Pastinya para pemilik e-commerce tidak ingin website mereka tiba-tiba down atau mogok saat momen Ramadan ini. Alasannya, down beberapa menit saja bisa berdampak signifikan terhadap pendapatan maupun reputasi e-commerce tadi. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips jitu dari Verisign, salah satu perusahaan global terkemuka soal nama domain dan keamanan Internet.

Bersiap untuk hal terburuk, rencanakan yang terbaik

Untuk memastikan keamanan dan ketersediaan website, pelaku e-commerce harus mempersiapkan kemungkinan terburuk melalui perencanaan respon terhadap eskalasi atau insiden dengan membuat standard operating procedure (SOP) ketika terjadi downtime, termasuk membentuk dan melatih tim incident-response atau tim yang akan merespon cepat sebuah insiden tertentu.

Ilustrasi sistem down 2014 Merdeka.com

Mereka juga harus rajin memantau website untuk memastikan bahwa sistem mereka sehat dan mengidentifikasi keanehan atau gangguan yang terjadi dengan cepat dan akurat, serta menyediakan failover atau pemindahan fungsi secara otomatis untuk mem-backup IP address, sehingga website tetap bisa di-akses.

Mengembangkan Infrastruktur

Optimalkan skalabilitas dan kinerja infrastruktur internet dengan menampilkan peningkatan trafik website selama musim belanja Ramadhan.

ilustrasi internet cepat bluespanwireless.com

Apakah pebisnis mengelola website secara internal atau menggunakan jasa pihak ketiga, rekam jejak dalam menjaga tingkat kepuasaan pelanggan di bulan-bulan lain yang bukan tergolong peak season tidak bisa menjadi indikator bahwa kualitas pelayanan akan terjaga di saat musim-musim khusus, seperti Ramadhan.

Jika skalabilitas atau kinerja infrastruktur yang ada tidak dioptimalkan, maka bisa berimbas pada pendapatan dan reputasi e-commerce tersebut.

[bbo]

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search